#SIP DEFINISI

A.  DEFINISI


1. SISTEM INFORMASI
  • Menurut Marimin, Hendri, dan Haryo (2006) sistem adalah suatu kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain yang berusaha mencapai suatu tujuan dalam lingkungan yang kompleks.
  • Yakub (2011) sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur yang saling berhubungan dan terkumpul bersama untuk melakukan suatu kegiatan tertentu.
  • Menurut Romney dan Steinbart (2015) sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen yang saling berhubungan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
  • Menurut Kristanto (2007), sistem merupakan kumpulan elemen-elemen yang saling terkait dan bekerja sama untuk memproses masukan (input) yang ditujukan kepada sistem tersebut dan mengolah masukan tersebut sampai menghasilkan pengeluaran (output) yang diinginkan.
  • Menurut Sutabri (2005), sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling bergantung satu sama lain, serta memiliki sifat terpadu.




2. INFORMASI


  • Menurut Williams dan Sawyer (2007) informasi adalah data yang telah di rangkum atau dimanipulasi dalam bentuk lain dengan tujuan untuk mengambil keputusan.
  • Menurut McLeod dan Schell (2008), informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan pada saat ini atau pada masa yang akan datang.
  • Menurut Susanto (2013) informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.




3. PSIKOLOGI
  • Willhelm Wundt (dalam Khadijah 2011) menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu tentang kesadaran manusia (the science of human consciouness). Definisi ini sangat membatasi tentang garapan psikologi karena tidur dan mimpi dianggap bukan sebagai kajian psikologi.
  • Menurut Woodworth dan Marquis dalam Basuki (2008) Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari aktivitas individu sejak dari dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungannya dengan alam sekitar.
  • Menurut Masganti (2017) psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji dan meneliti proses mental dan perilaku seseorang.



4. SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI


Berdasarkan definisi di atas dapat di simpulkan bahwa definisi sistem informasi psikologi adalah sistem yang menyediakan informasi-informasi berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat meningkatkan penguna dalam pengambilan keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan yang dilakukan oleh manusia.






Gaol, C.J.L (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: GrasindoJahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Prenadamedia Group.Kristanto, A. (2007) Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Klaten: Penerbit Gava Media.Marimin, Tanjung, H., & Prabowo, H. (2006). Sistem informasi manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Rosda KaryaMasganti. (2017). Psikologi perkembangan anak usia dini. Depok: KencanaMenurut Gaol (2008) Sistem informasi psikologi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan psikologi yang dapat bermanfaat bagi penggunanya.McLeod, R., & Schell, G.P. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Prenhallindo.Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Sistem informasi akuntansi. Jakarta: Salemba empat.Sutabri, Tata. 2012. Konsep dasar informasi. Yogyakarta: AndiSusanto, A. (2013). Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.Williams dan Sawyer. 2007. Using information technology. Yogyakarta: Andi






Komentar