TUGAS ILMU SOSIAL DASAR 2

DEFINISI PERTUMBUHAN PENDUDUK

Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran. Sebutan pertumbuhan penduduk merujuk pada semua spesies, tapi selalu mengarah pada manusia, dan sering digunakan secara informal untuk sebutan demografi nilai pertumbuhan penduduk, dan digunakan untuk merujuk pada pertumbuhan penduduk dunia.


MASALAH YANG TIMBUL

Problem yang akan dihadapi akibat meningkatnya pertambahan penduduk adalah pangan, energi, dan papan. Dari sisi kebutuhan pangan, setiap kenaikan jumlah penduduk akan menaikkan pula ketersediaan pangan. Begitu juga energi, pertumbuhan penduduk akan menyedot energi besar, sementara ketersediaan energi makin menipis. Tak terkecuali masalah papan atau perumahan yang harus disediakan dalam jumlah besar. Masalah ini tentunya akan berujung pada naiknya tingkat pengangguran, kemiskinan, angka kriminalitas, dll.


SOLUSI MENGATASI MASALAH YANG TIMBUL

·         Meningkatkan produksi pangan untuk mengatasi kekurangan bahan pangan (misalnya                dengan intensifikasi, ekstensifikasi, dan diversifikasi pertanian)
·         Membangun sarana dan prasarana pendidikan yang jumlahnya sebanding dengan jumlah          penduduk usia sekolah.
·         Meningkatkan jumlah fasilitas sosial dan kesehatan (rumah sakit, puskesmas, dan poliklinik).
·         Meningkatkan jumlah lapangan kerja sehingga sebanding dengan jumlah penduduk usia kerja.


HUBUNGAN MASYARAKAT DENGAN KEBUDAYAAN

Masyarakat dan budaya memang pada dasarnya adalah sebuah satu kesatuan tingkah laku, perbuatan dan kegiatan yang dilakukan seiring dengan proses dan tahapan belajar dan disertakan dengan adat dan kebiasaan yang membaur dengan masyarakat kelak akan menjadi sebuah budaya yang indah, ambil contoh saja saat hendak makan ini adalah naluri manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya namun karena dipengaruhi oleh adat dan kebiasaan masyarakat sekitar sehingga menampilkan sebuah budaya atau cara makan yang baik, sopan  tata kerama dan sebagainya itu akan menjadi budaya dengan seiring nya waktu oleh karena itu budaya dan masyarakat saling memiliki keterkaitan yang jelas


Komentar